LAMONGAN, kaderisasi.ansorjatim.or.id – Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan merupakan jenjang Kaderisasi tingkat lanjut bagi kader Ansor dimanapun berada untuk menjadi seorang perwira Ansor.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor akan melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan program kerja yang telah di aturnya, selain menjadi program kerja, PKL ini juga menjadi wadah bagi para kader untuk menimba ilmu di jenjang yang lenih tinggi setelah Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) atau Latihan dan Pendidikan Dasar (DIKLATSAR).

PC GP Ansor Lamongan termasuk salah satu pelaksana kegiatan PKL yang terjadwal akan dilaksanakan pada awal Oktber ini, yakni 07 Oktober 2022 yang bertepatan pada hari Jum’at di minggu pertama, pemberitahuan tentang PKL ini sudah menyebar di kalangan Ansor jauh hari, terbukti ratusan peserta yang tercatat telah mendaftar ke panitia pelaksanan, baik dari internal Lamongan atau dari luar kota bahkan informasi dari panitia ada yang tercatat dari luar pulau Jawa yang ikut mendaftar.

Koordinasi antara Panitia dengan Tim Instruktur PW GP Ansor Jawa Timur, disepakati akan diadakan proses Screening (Seleksi) terhadap semua peserta, guna mendapatkan calon-calon kader yang memang betul-betul memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Proses screening yang dilakukan panitia sangat begitu ketat, terbukti dengan terdaftarnya calon peserta yang berjumlah kurang lebih 167 orang, yang mampu memenuhi syarat menjadi peserta pada Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan yang akan segera digelar ini, hanya menyisakan 128 orang yang berhak menjadi peserta.

Ahamad Nur Aminuddin selaku Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PW GP ansor Jawa Timur sangat mengapresiasi kinerja Panitia Pelaksana serta Pimpinan Cabang Ansor Kabupate Lamongan, karena menurutnya (red. Sahabat Amin) PC Ansor Lamongan sangat giat dalam melaksanakan jenjang Kaderisasi, jadi sangat memungkinkan jika pendaftar juga akan membludak.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja para panitia dan internal Pimpinan Cabang Ansor Kabupaten Lamongan, karena memang selama ini, internal PC Lamongan juga sudah menunjukkan kegigihannya dibidang pengkaderan, jadi tidak heran jika saat PC Lamogan mengadakan kaderisasi jenjang yang lebih tinggi akan banyak peserta yang mendaftar, karena jiwa para kader memang sudah tertanam sejak awal mereka masuk” ungkap Sahabat Amin sapaan akrabnya.

“Untuk menyeimbangi kinerja dan semangat dari Panitia dan Internal PC Lamongan maka kami di internal Kaderisasi PW GP Ansor Jawa Timur juga akan mengerahkan Tim Instruktur secara maksimal, agar niat kader menimba ilmu dan menjadi perwira di Ansor itu tercapai” imbuhnya.

Selain mengapresiasi kinerja panitia, Sahabat Amin juga berpesan kepada para calon peserta agar proses kaderisasi tingkat lanjut (red. PKL) ini menjadi pintu keberlanjutan dalam berjuang menjalankan titah Organisasi.

“Harapan kami kepada para calon peserta agar niat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan ini bukan semata-mata untuk mencari atau mengejar sertifikat, akan tetapi jadikan kegiatan kaderisasi tingkat lanjut ini mendalami kelimuan sehingga tingkat perjuangan di Ansor akan semakin tertanam” harap Sahabat Ahmad Nur Aminuddin.

Disisi lain, sahabat Achsan selaku co-instruktur yang ditugaskan mengawal koordinasi antara PC Lamongan dengan Tim Kaderisasi PW Ansor Jawa Timur mengatakan bahwa selain melihat kuantitas juga perlu dipertimbangkan aspek kwalitas dari kegiatan kaderisasi itu sendiri.

“Terkait pelaksanaan PKL PC GP Ansor Lamongan yang ternyata antusias peserta melebihi ekspektasi panitia itu sendiri, dari sisi kuantitas memang sangat layak mendapat apresiasi, karena hal ini menunjukkan bahwa progres pengkaderan di Internal PC GP Ansor Lamongan berjalan di semua Pimpinan Anak Cabang, namun untuk pelaksanaan PKL itu sendiri seyogyanya juga memperhatikan dan mempertahankan serta mengedepankan Output Kaderisasi, dengan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya dengan tetap menjaga kwalitas PKL itu sendiri dengan cara mempertimbangkan jumlah peserta untuk bisa menyerap semua materi, serta pengondisian kegiatan baik di ruangan atau diluar ruangan(lapangan)” ujar Achsan saat di wawancara.

Demi melaksanakan apa yang menjadi harapan dari Tim Kaderisasi PW GP Ansor Jawa Timur, panitia pelaksana sudah menyiapkan pendamping setiap sesi, untuk mempermudah koordinasi dan pengondisian forum dan diluar forum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *